Memperingati Maulid Nabi


I Love Muhammad

Tidaklah Allah mengutus seorang Nabi melainkan wajib baginya menunjukkan kepada umatnya kebaikan yg diketahui-nya utk mereka dan memperingatkan mereka dari kejahatan yg diketahuinya utk mereka.

Sebagai orang Islam dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad saw, memang hal yang wajar, agar kita sebagai umatnya akan selalu teringat dan banyak hikmah yang dapat diambil dari seluruh perjalanan hidupnya.

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi ini saya akan mengulang kembali ingatan sejarah singkat hidup beliau. Sebagaimana kita ketahui bersama dalam sejarah Islam, bahwa beliau dilahirkan dikota Mekkah al-Mukarromah, tepatnya pada hari Senin tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun gajah. Tau kenapa

Mekkah-Ka'bah

dinamakan tahun gajah??? Dinamakan tahun gajah karena pada kelahiran Nabi Muhammad saw, banyak tentara bergajah yang dipimpin oleh Raja Abrahah (gubernur Yaman) hendak menghancurkan Ka’bah sebagai pusat peribadatan seluruh umat Islam di muka bumi ini. Sebelum maksud dan cita-cita bala tentara yang dipimpin oleh Raja Abrahah itu tercapai, terlebih dahulu mereka dihancurkan oleh Allah lewat burung Ababil dengan batu-batu yang datangnya dari neraka. Mengingat keadaan yang demikian itu, akhirnya gagal total usaha-usaha yang dilancarkan oleh Raja Abrahah dengan bala tentaranya.

Beliau dilahirkan ke muka bumi dalam keadaan yatim, sehingga beliau tidak sempat mengetahui dengan mata kepalanya sendiri bagaimana bentuk tubuh ayahnya. Nama ayahnya adalah Abdullah bin Abdul Mutholib, sedang ibunya bernama Siti Aminah. Sesudah beliau berusia 6 tahun beliau ditinggal wafat oleh ibunya, maka keadaannya sejak itu menjadi yatim piatu. Kemudian kakeknya yang bernama Abdul Mutholib yang memelihara beliau, tidak begitu lama kemudian kakeknya meninggal dunia. Selanjutnya pamannya yang bernama Abu Tholib yang mengurusi kehidupannya. Telah diceritakan dalam sejarah, bahwa beliau sewaktu kecil bekerja sebagai pengembala kambing milik orang lain, sesudah itu beliau berdagang bersama pamannya ke negeri Syam.

Dengan kehadiran Nabi Muhammad saw dimuka bumi ini, berarti kita bisa membedakan mana ajaran yang haq dan yang bathil. Dan memang Nabi Muhammad saw diutus ke muka bumi ini adalah untuk menyempurnakan budi pekerti yang mulia, karena itu marilah kita contoh apa yang diajarkan oleh Nabi Saw, karena beliaulah sebagai panutan yang paling ideal, uswatun hasanatun.

Marilah kita sambut hari kelahiran Nabi Muhammad saw dengan mencontoh jejak beliau. Dan untuk mencontoh sikap dan Nabi Muhammad saw itu adalah perintah Allah sendiri dalam Al-Qur’an. Dan mudah-mudahan Indonesia dapat lebih maju, tentram dan damai, tidak ada lagi pertikaian, perkelahian dan perselisihan antar sesama warga yang insya Allah dicintai oleh Allah swt.

Untuk para hadirin silahkan cicipi makanan yang tlah disediakan. Selamat menikmati :)

gambar : Klik Disini

Tidaklah Allah mengutus seorang Nabi melainkan wajib baginya menunjukkan kepada umatnya kebaikan yg diketahui-nya utk mereka dan memperingatkan mereka dari kejahatan yg diketahuinya utk mereka.” .

About these ads

12 thoughts on “Memperingati Maulid Nabi

    • melakukan acara maulid nabi ini untuk mengingatkan kembali sejarah perjalanan beliau sebagaiman Nabi Muhammad saw adalah suri tauladan.
      Yang diharapkan setelah selesai acara tsb kita kembali ingat dan semakin tergugah untuk melaksanakan semua perintah dan sunnahnya dengan sebaik mungkin.
      Jadi acara tsb juga tidak bisa dikatakan sia-sia atau mubazir, apalagi hanya buang2 uang.

  1. PUDIN, pudin menginat Nabi SAW macem mana wong tidak pernah disuruh toh, ayat yang pudin bawa itu bukan untuk memperingati Nabi SAW tapi untuk ditaati, jangan banyak alesan setelah acara itu langsung bangkit semangatnya, semangat opo ? ngawur malah iyo, para sahabat r.a aja tidak pernah toh ulang tahunin Nabi SAW yang ada orang Yahudi wa Nasoroh, Pudin ane ingitin jang suka niru-niru Yahudi Wa Nasoroh nanti panjenengan celoko. ya Din.

  2. Sepengetahuan saya memperingati maulud nabi adalah dari kaum syi’ah dan lagi pula orang yang sering memperingati itu selalu mengabaikan sholat dan sholat berjama’ah di masjid/mushalla

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s