7 Destinasi di Indonesia yang mirip dengan destinasi luar negeri


Kalau ditanya soal destinasi di Indonesia, mungkin kamu langsung membayangkan pesona alam Indonesia, bagaimana pantai-pantai cantik dengan pasir putih nan hangat, aroma laut yang begitu bersih, puncak-puncak gunung agung yang menawarkan eksotisme ketinggian, hingga suara belantara yang begitu membius. Begitu indahnya destinasi Indonesia, maka kamu punya pilihan untuk traveling yang serupa dengan destinasi yang ada dinegara lain, bisa dikatakan liburan kalian akan berasa seperti liburan ke luar negeri.

Air Terjun Maromo, Sulawesi Tenggara

moramo3

Air Terjun Moramo Terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa tepatnya di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Air Terjun Moramo merupakan air terjun bertingkat (cascade) yang keindahannya sudah ternama seantero dunia. Sedikit berbeda dengan Niagara, tebing di sekitar air terjun Maromo bisa kamu daki untuk merasakan sensasi berada di air yang jatuh dari ketinggian 100 meter, dari ketinggian tersebut, air mengalir melewati tujuh tingkatan utama

Candi Sukuh, Jawa Tengah

candi_sukuh

Lokasi destinasi yang mirip dengan Chichen Itza di Meksiko ini terletak di wilayah Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, eks Karesidenan Surakarta, Jawa Tengah. Candi ini dikategorikan sebagai candi Hindu, Sukuh jadi peninggalan Kerajaan Majapahit yang ‘tak mau’ menghadap ke arah matahari terbit, melainkan ke arah Barat.

Taman Nasional Wasur, Papua

taman-nasional-wasur-papua

Salah satu destinasi terbaik untuk menikmati kehidupan alam di timur Indonesia ini ternyata dipenuhi hewan-hewan yang punya kemiripan dengan hewan Australia. Jadi satu bukti kalau daratan Australia pernah menyatu dengan Indonesia. Sekitar 70% dari luas wilayah ini terdiri dari sabana, sementara vegetasi lainnya merupakan hutan rawa-rawa, hutan monsoon, hutan pantai, hutan bambu, padang rumput dan hutan sagu. Taman Nasional Wasur jadi satu tempat paling tepat untuk menikmati nuansa Australia di tanah air.

Green Canyon, Jawa Barat

keindahan-green-canyon-diapit-tebing-tinggi

Nama destinasi yang berlokasi di Cijulang, Pangandaran , Jawa Barat, ini memang berasal dari tempat yang punya rupa yang hampir sama dengannya, Green Canyon. Bukan di Amerika Serikat, namun air hijau yang dikukung gunung-gunug batu ini ada di Indonesia.  Kamu bisa menyusuri sungai dengan berenang, menaiki perahu, bahkan sambil memancing.

Parangkusumo, Yogyakarta

gumug-pasir-parangkusumo-jogja

Bukan tanpa alasan kalau Parangkusumo memang disebut-sebut sebagai Gurun Saharanya Indonesia. Kontur pasir yang kian berubah-ubah membuat destinasi ini selalu menarik untuk dikunjungi, terlebih bagi kamu yang menyukai fotografi. Sejauh mata memandang hanya pasir yang terhampar hingga 15 kilometer ke depan.

Gunung Padang, Jawa Barat

gunung-padang-1

Sama-sama berada di puncak gunung dengan batu-batu yang membentuk satu reruntuhan bangunan yang mungkin saja megah pada zamannya. Situs Gunung Padang memang begitu mirip dengan Machu Picchu yang ada di Peru. Menikmati situs kuno sambil beteman hawa pegunungan yang sejuk adalah satu cara terbaik untuk mengisi perjalanan.

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

taman-nasional-baluran

Tanah Jawa juga ternyata punya nuansa Afrika. Taman Nasional Baluran yang jadi buktinya. Hamparan savana yang dipenuhi hewan-hewan liar yang bergerak dengan begitu bebas memang menghantarkan nuansa Afrika ke timur pulau Jawa. Kamu bisa berkemah sambil menikmati hamparan bintang yang menyesaki pekatnya langit malam.

Tak melulu harus bertandang ke negeri asing untuk jadi turis di sana. Ternyata Indonesia pun siap memberi nuansa yang serupa. Deretan destinasi di atas bisa jadi pilihan saat badget terbatas atau sedang punya waktu rehat yang relatif lebih singkat.

Leave a comment